Prosiding Bioshare Series 2021

Selasa, 24 Mei 2022 | 09:00 WIB | Humas EBTKE

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nya, Direktorat Bioenergi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah merampungkan penyusunan buku “Prosiding Bioshare Series 2021”. Diharapkan buku ini dapat menjadi salah satu sumber informasi mengenai perkembangan pengembangan energi baru terbarukan, khususnya bioenergi, di Indonesia. Saat ini, peran energi baru terbarukan sangatlah penting untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. Seiring dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan populasi penduduk yang terus melaju, diproyeksikan kebutuhan energi di Indonesia akan meningkat 4,7% per tahun. Karenanya peranan energi baru terbarukan memegang peran yang besar, terutama dalam meningkatkan akses energi modern kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kebijakan Energi Nasional telah menetapkan target pemanfaatan energi baru terbarukan pada tahun 2025 sebesar 23% dan capaian kontribusi pada tahun 2021 telah mencapai 11,7%. Berbagai upaya Pemerintah terus dilakukan guna memastikan target tersebut tercapai, salah satunya adalah dengan pengembangan bioenergi.

Bioenergi sebagai salah satu sumber energi baru terbarukan memiliki peran penting karena berpotensi menggantikan energi fosil di hampir semua sektor, baik sektor kelistrikan maupun non kelistrikan, serta baik sektor industri maupun rumah tangga. Program pengembangan bioenergi sangat variatif, mulai dari Biofuel, PLT Biomassa, PLT Biogas, PLT Sampah Kota, PLT BBN, Biogas Rumah Tangga, Biogas Komunal, Bio-CNG, dan Co-firing Biomassa pada PLTU. Keberagaman program pengembangan bioenergi diharapkan membuka peluang seluas-luasnya bagi semua pihak untuk dapat turut mendorong pengembangan bioenergi di Indonesia yang tentunya masih menemui berbagai kendala dan hambatan.

Penyusunan buku “Prosiding Bioshare Series 2021” diharapkan menjadi salah satu solusi baru untuk menyebarluaskan informasi pengembangan bioenergi di era baru yang mengedepankan pendekatan digital. Buku ini juga menjadi salah satu implementasi upaya kami dalam menjunjung semangat “Bakti untuk Negeri melalui Pengembangan Bioenergi”. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas perhatian, dukungan dan kerja sama yang telah diberikan dalam penyusunan buku “Prosiding Bioshare Series 2021” ini. Kami berharap terbitnya publikasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua baik sebagai individu pengelola dan pemanfaat energi, maupun sebagai profesional. Semoga pengembangan bioenergi di Indonesia dapat selaras dengan kebijakan Pemerintah dalam pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan untuk kesejahteraan dan masa depan rakyat Indonesia yang lebih baik lagi.

Edi Wibowo

Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Prosiding dapat dibaca/diunduh pada tautan berikut: Prosiding Bioshare Series 2021


Contact Center