KESDM-Menakertrans Kerjasama Kembangkan Energi Baru Terbarukan Di Wilayah Transmigrasi

Jumat, 15 Agustus 2014 | 14:25 WIB | Ferial

EBTKE-- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tentang Program Pengelolaan Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi di Kawasan Transmigrasi.

Penandatanganan dilakukan di Gedung Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT), Kemenakertrans, Jakarta, Kamis 14 Agustus 2014.

“Dengan ditandatanganinya Kesepahaman Bersama dan Perjanjian Kerja Sama ini diharapkan terjadi sinkronisasi kegiatan diantara kedua kementerian dalam rangka pengelolaan energi baru, terbarukan dan konservasi energi di kawasan transmigrasi dan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat”, ujar Menteri ESDM, Jero Wacik dalam sambutannya.

Tujuan kerjasama yang diwujudkan dalam nota kesepahaman ini, lanjut dia, diharapkan terjadi sinkronisasi kegiatan diantara kedua kementerian dalam rangka pengelolaan energi baru, terbarukan dan konservasi energi di kawasan transmigrasi dan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. "Program ini berjangka waktu selama 5 (lima) tahun yang akan datang sejak penandatanganan Kesepahaman Bersama dan penandatanganan perjanjian kerja sama ini,"kata dia.

Dia menjelaskan, Ruang lingkup nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini meliputi pelaksanaan kegiatan pengelolaan energi baru, terbarukan dan konservasi energi, dimulai dari penyediaan bahan baku (sisi hulu) sampai dengan pemanfaatan energinya (sisi hilir).Saya yang bertugas memberikan listrik di pemukiman saudara-saudara (transmigran), dengan memaksimalkan potensi EBT yang ada disekitar lingkungan kita sendiri,"pungkas Jero.

Dalam kesempatan tersebut juga, diteken Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM dan Ditjen Pembinaan Pengembangan dan Kawasan Transmigrasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang program yang sama dan disaksikan oleh Menteri ESDM, Jero Wacik serta Menakertrans Muhaimin Iskandar.

 


Contact Center