MESDM Anugerahkan Penghargaan Energi Ke-4

Selasa, 19 Agustus 2014 | 08:15 WIB | Ferial

EBTKE-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Jero Wacik menganugerahkan penghargaan bagi para pelaku atau pengembang energi di Indonesia yang digelar pada acara Penganugerahan Penghargaan Energi Ke-4 2014 di Balai Kartini, Jakarta, Senin, 18 Agustus 2014.

Dalam kesempatan tersebut hadir perwakilan dari Kementerian terkait seperti Kementerian BUMN, lalu hadir pula perwakilan dari Kepala Daerah atau Pemerintah Daerah. Sedangkan untuk para penerima penghargaan energi sendiri meliputi Perguruan Tinggi, Asosiasi dari berbagai element, dan para pemangku kepentingan dilingkungan ESDM.

Adapun mengenai penghargaan energi meliputi pada beberapa klasifikasi yaitu Energi Prakarsa Perorangan, Kelompok Masyarakat, Penghargaan Energi Pratama(swasta/asing), Penghargaan Energi Prabawa (pusat/pemda). Penghargaan Energi ini ditujukan untuk menggugah kesadaran masyarakat dan mendorong peran aktif pemangku kepentingan dalam melakukan diversifikasi, konservasi dan budaya hemat energi serta memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang secara nyata telah berkarya dalam menciptakan inovasi dan pengembangan teknologi sektor energi.

Tujuannya agar pemanfaatannya dapat berdampak besar dalam pengaplikasiannya di kegiatan usaha itu sendiri seperti pengembangan, penyediaan, dan pemanfaatan energi dengan prinsip diversifikasi dan atau konservasi energi sebagaimana ikut serta mendorong program penghematan dan pemanfaatan energi terbarukan yang di canangkan oleh pemerintah.

"Hemat listrik dan BBM intinya, karena menghemat 1 kWh atau 1 liter BBM sangat mudah dibandingkan memproduksi listrik 1 kWh atau 1 liter BBM. Bayangkan jika ini dilakukan seluruh rakyat Indonesia, berapa mega watt yang bisa dihemat, besar sekali," ujar Jero.

Jero menambahkan 3 hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memulai penghematan energi yang sangat sering kali diabaikan. "Misal, masyarakat yang ingin keluar rumah harap dicek kembali lampunya untuk dimatikan terlebih dahulu sebelum berpergian, kemudian matikan televisi jika tidak ada yang menonton, dan yang terakhir matikan AC apabila sedang tidak diperlukan,"kata dia.

Tema Penghargaan Energi Tahun 2014 ini adalah “Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Energi”, tema ini kami pilih sejalan dengan Kebijakan Kementerian ESDM yang telah dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 4051 K/07/MEM/2013 tanggal 27 Desember 2013 tentang Penetapan Catur Darma Energi, yaitu Darma ke-3 adalah Kembangkan secara masif energi baru terbarukan dan Darma ke-4 adalah Hemat energi.

Tema Penghargaan Energi Tahun 2014 ini adalah “Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Energi”, yang sejalan dengan Kebijakan Kementerian ESDM yang telah dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 4051 K/07/MEM/2013 tanggal 27 Desember 2013 tentang Penetapan Catur Darma Energi, yakni Darma ke-3 untuk kembangkan secara masif energi baru terbarukan dan Darma ke-4 untuk Hemat energi.

Jenis Penghargaan Energi ada 3 (tiga), yaitu:

1.   Penghargaan Energi Prakarsa, diberikan kepada unsur masyarakat baik secara Perseorangan maupun Kelompok Masyarakat;

2. Penghargaan Energi Pratama, diberikan kepada unsur perusahaan yang berasal dari nasional/daerah atau asing;

3.   Penghargaan Energi Prabawa, diberikan kepada instansi pemerintah dan pemerintah daerah.

Calon Penerima Penghargaan Energi yang ikut dalam seleksi pada tahun ini sebanyak 115 Calon, yang terdiri atas 43 calon penerima Penghargaan Energi Prakarsa Perorangan dan Kelompok Masyarakat, 42 calon penerima Penghargaan Energi Pratama, 30 calon penerima Penghargaan Energi Prabawa. Terhadap data calon tersebut dilakukan seleksi administrasi, dilanjutkan dengan pembuatan profil masing-masing calon sebelum dilakukan penilaian oleh Dewan Juri secara sendiri-sendiri dan secara kolegial. Dewan Juri dalam sidang pleno menetapkan calon penerima Penghargaan Energi tahun 2014 sebanyak 15 (lima belas). Penerima Penghargaan Energi tahun 2014 sebagai berikut:

Penerima Penghargaan Energi Prakarsa Perorangan Tahun 2014:

1.   Amin, Pontianak, Kalimantan Barat;

2.   Sopyan Hadi, Bengkalis, Riau;

3.   Suhargo, Magetan, Jawa Timur;

Penerima Penghargaan Energi Prakarsa Kelompok Masyarakat Tahun 2014:

1.   Prof. Dr. Erliza Hambali dan Tim, Bogor, Jawa Barat;

2.   Koperasi “SAE” PUJON, Malang, Jawa Timur;

3.   Universitas Islam Riau, Pekan Baru, Riau;

Penerima Penghargaan Energi Pratama Tahun 2014:

1.   PT. Duta Pudak Lestari, Muaro Jambi, Jambi;

2.   PT. Odira Energy Persada, Bekasi, Jawa Barat;

3.   PT. Semen Indonesia, Gresik, Jawa Timur;

4.   PT. Wilmar Bioenergi Indonesia, Dumai, Riau

Penerima Penghargaan Energi Prabawa Tahun 2014:

1.   Pemerintah Provinsi Jawa Tengah;

2.   Pemerintah Kabupaten Badung;

3.   Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas;

4.   Pemerintah Kabupaten Lombok Utara;

5.   Pemerintah Kabupaten Pasaman,


Contact Center