Pemerintah Agresif Kembangkan EBT

Kamis, 9 April 2015 | 11:19 WIB | Ferial

EBTKE-- Pemerintah siapkan investasi besar untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

"Kita akan alokasikan budget investasi yang besar untuk agresif dalam mengembangkan EBT,"kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Sudirman Said dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu, 08 April 2015.

Menurut dia, selama ini keberadaan energi baru terbarukan tidak terlalu dianggap penting padahal dengan kondisi cadangan energi fosil yang semakin menipis energi baru terbarukan merupakan masa depan penopang ketahanan energi nasional. "Selama ini jika ada diskusi terkait energi, isu tentang energi baru terbarukan selalu menjadi bagian akhir, setelah migas, minerba dan listrik, kedepan ini tidak akan terjadi lagi,"kata Sudirman.

Sudirman menyadari guna mempopulerkan energi baru terbarukan bukan perkara mudah mengingat investasi dalam pengembangannya masih dianggap mahal dan berisiko tinggi jika dibandingkan dengan investasi pengembangan energi fosil.

"Meskipun energi baru dianggap kurang efisien tapi kami berpandangan dibandingkan dengan apa, jika dibandingkan dengan harga minyak sekarang memang mahal, tetapi jika nanti migas abis tidak ada pilihan karena sebetulnya sumber daya EBT kita besar,"tegasnya.

Dia menjelaskan, potensi energi baru terbarukan di Indonesia sangat besar diantaranya panas bumi air, angin, matahari yang bersinar sepanjang tahun serta biogas bisa menjadi modal nasional dalam mengembangkan energi baru terbarukan.

"Kedepan kita akan betul-betul menjalankan apa yang telah diamanatkan KEN bahkan kalau perlu mempercepat jadi kalau kita mentargetkan tahun 2025 pangsa EBT 23 persen, dengan usaha keras bisa kita tingkatkan,"pungkas Sudirman.


Contact Center