2016, PLTS Terbesar Di Indonesia Akan Beroperasi

Monday, 16 November 2015 | 14:42 WIB | Ferial

EBTKE-- Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas terbesar yaitu 5 megawatt (MW) akan beroperasi tahun depan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"PLTS terbesar di Indonesia akan COD tahun depan, ini yang terbesar, "kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, PLTS tersebut merupakan hasil dari pelelangan kuota di enam titik yang tercantum dalam peraturan menteri energi dan sumber daya mineral (Permen ESDM) nomor 17 tahun 2013 tentang PLTS kuota namun regulasi tersebut telah dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA) kendati demikian proyek yang sudah dilelang dan ditunjuk pemenangnya tetap berjalan. "Saat ini tengah disusun permen PLTS sebagi pengganti Permen ESDM Nomor 17 Tahun 2013,"papar Rida.

Selain PLTS Kupang tersebut, lanjut dia, akan menyusul PLTS lain yang akan beroperasi setelahnya diantaranya PLTS Atambua, Sumba Timur dan Maumere dengan yang juga terletak di NTT dengan kapasitas masing - masing 1 MW, 1 MW dan 2 MW. "Lalu PLTS Gorontalo dengan kapasitas 2 MW, PLTS Kotabaru, Kalimantan Selatan 2 MW, semua totalnya 13 MWp dengan nilai investasi Rp287,4 miliar,"tambahnya.

Rida menjelaskan, Selain mendorong pengembangan PLTS konvesional, pemerintah juga tengah gencar mengembangkan PLTS atap (rooftop) dan saat ini tengah disusun pula Permen-nya.

PLTS rooftop merupakan solusi yang handal bagi penyediaan energi di gedung-gedung perkantoran karena mayoritas gedung perkantoran menggunakan listrik pada siang hari atau jam kerja pasalnyabiaya pengadaan listrik yang lebih murah dari diesel ataupun bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, perawatan dan pengoperasiannya juga mudah namun dampaknya signifikan untuk mengurangi polusi dan efek rumah kaca. "Tahun ini kami sudah ujicoba kan di gedung pemerintahan, tahun depan akan diujicoba di Bandara Ngurah Rai, Bali,"pungkasnya.


Contact Center