MESDM : Anggota Patriot Energi Orang Beruntung

Rabu, 30 Maret 2016 | 14:08 WIB | Ferial

EBTKE-- Anggota Patriot Energi yang berjumalah 80 peserta, telah menyelesaikan masa tugasnya dan disambut kepulanggannya oleh Menteri ESDM beserta jajaran. Mereka bertugas dari bulan Oktober 2015 hingga bulan Maret 2016, para patriot ini ditempatkan di 62 desa dan 22 kelurahan diseluruh wilayah Indonesia, termasuk pulau-pulau terdepan dan terluar Indonesia.

Patriot Energi ini selain bertugas meningkatkan rasio elektrifikasi di berbagai daerah di Indonesia namun kesejahteraan sosial, ekonomi, pendidikan masyarakatpun turut diperhatikan. Patriot yang telah ditempatkan dibeberapa daerah berperan sebagai aktivator eksternal untuk menggerakan orang-orang kunci di dalam masyarakat agar masyarakat tersebut dapat mandiri dalam mengelola kebutuhan listriknya.

Sudirman Said secara khusus memberikan pesan kepada para anggota Patriot Energi yang telah menyelesaikan tugas, “Anda kini memiliki leadership skill. Bagi saya, leadership is not about tittle, tetapi behavior”. Jadi tahu apa yang harus dikerjakan, bagaimana menyelesaikan masalah dan menggerakan perubahan,"kata dia dalam Acara Penyambutan Patriot Energi di Pusdiklat KEBTKE, Senin, 28 Maret 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Sudirman juga mendengarkan dengan seksama cerita yang disampaikan oleh Patriot Energi. Bahkan ia menyampaikan rasa bangganya atas apa yang sudah Anggota Patriot Energi lakukan. "Program ini akan terus berlanjut sampai terlihat ada perubahan yang fundamental di masyarakat,"tambah Sudirman.

Menurut dia, para patriot energi ini merupakan orang-orang yang beruntung karena memiliki kesempatan untuk melihat Indonesia sampai dasarnya pada kehidupn yang sangat menderita tapi juga punya akses kepada dunia yang paling modern. "Itu tidak banyak orang seperti itu. Dan itu jika bisa menjadi benang perajut dari kekuatan nusantara, luar biasa" pungkasnya. (Ledy Anindya)


Contact Center