Kebijakan Pemerintah Dukung Pengembangan EBTKE

Senin, 15 Agustus 2016 | 15:30 WIB | Ferial

EBTKE-- Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) disiplin ilmu Teknik Geologi mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Meningkatkan Ketahanan Energi Indonesia Melalui Optimalisasi Sumber Daya Alam, Masih Ada Waktu atau Sudah Terlambat?".

Acara dilaksanakan di Aula Timur, Kampus ITB, Sabtu, 13 Agustus 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana menyampaikan paparannya terkait Peningkatan Ketahanan Energi Melalui Pengembangan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Menurut dia, faktor - faktor pendukung keberhasilan energi baru terbarukan dan konservasi energi sangat besar dan tersebar diseluruh penjuru negeri. "Potensi tersebut didukung oleh kebijakan/peraturan dalam negeri yang mendukung untuk pengembangan EBTKE,"kata Rida.

Faktor pendukung lain, lanjutnya, pemerintah mampu menghadapi tantangan global terkait dengan isu utama perubahan iklim, sustainabilitas sejalan dengan pengembangan EBTKE, kemudian kebutuhan untuk pemenuhan kebutuhan listrik sangat tinggi sehingga penting untuk menerapkan pemanfaatan energi setempat terutama di daerah terpencil dan terluar. "Tersedianya teknologi lokal yang dapat diakses oleh masyarakat untuk menjaga keberlangsungan implementasi teknologi energi baru terbarukan dan konservasi energi,"pungkas Rida. (NB)


Contact Center