Ratusan Penerangan Berbasis Surya Terangi Jalan Kepulauan Maluku

Rabu, 7 Desember 2022 | 17:05 WIB | Humas EBTKE

BURU SELATAN – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) didukung Komisi VII DPR-RI dan Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. Salah satunya adalah pemasangan 355 unit Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) di tujuh kabupaten Provinsi Maluku.

Adapun pemasangan 355 unit PJU-TS ini merupakan program tahun anggaran 2022, dengan rincian Kabupaten Buru Selatan 50 unit, Kabupaten Kepulauan Aru 50 unit, Kabupaten  Kepulauan Tanimbar 95 unit, Kabupaten Maluku Barat Daya 40 unit, Kabupaten Maluku Tenggara 40 unit, Kabupaten Seram Bagian Barat 40 unit dan Kabupaten Seram Bagian Timur 40 unit.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Direktorat Jenderal EBTKE, Hendra Iswahyudi mengatakan, program pemasangan PJU-TS merupakan salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN. Selain bermanfaat bagi penerangan masyarakat juga dapat menghemat pengeluaran daerah untuk anggaran pembayaran listrik.

"Pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan, terlebih setelah penerapan tariff adjustment pada triwulan III 2022 bagi golongan rumah tangga berdaya 3/500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif penerangan jalan umum," ujar Hendra saat kegiatan peresmian dan penyerahan secara simbolis PJU-TS di Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku, hari ini (Rabu,7/12).

Hendra juga menjelaskan program PJU-TS ini merupakan salah satu instrumen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan akses energi modern sebagai upaya mewujudkan energi berkeadilan, sebagaimana visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

Pada kesempatan ini, apresiasi disampaikan kepada Mercy Chriesty Barends selaku anggota Komisi VII DPR RI yang menginisiasi usulan pemasangan 355 unit PJU-TS ini dan Pemerintah Daerah Kabupaten Penerima manfaat sehingga pemasangan PJU-TS selesai terlaksana.

“Semoga dengan adanya pemasangan PJU-TS ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat. Kami juga mengharapkan PJU-TS yang telah dipasang, dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang,” harap Hendra.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Eliaser Selsili dan Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Chriesty Barends menyampaikan apresiasi atas pemasangan PJU-TS. Gerson berharap pada tahun berikutnya dilakukan penambahan alokasi karena masih banyak jalan-jalan di wilayah pelosok yang masih gelap karena belum ada penerangan.

PJU-TS yang diberikan pada program ini memiliki jaminan pemeliharaan selama dua tahun ditambah garansi sistem selama tiga tahun sejak jaminan pemeliharaan berakhir, sehingga total lima tahun jaminan perbaikan ditanggung oleh penyedia. Apabila terdapat kerusakan dapat melaporkan ke pusat layanan perbaikan (service centre), nomor kontak tertera pada QR Code pada tiang lampu PJU-TS dan juga dapat melalui layanan pengaduan Ditjen EBTKE.

Turut hadir dalam peresmian dan penyerahan secara simbolis Asisten 1 dan Asisten 2 Pemerintah Kabupaten Buru Selatan, perwakilan Dinas ESDM Provinsi Maluku, Camat Nomrole dan Kepala Desa Labuang, serta masyarakat penerima manfaat PJU-TS.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2022, PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 20.546 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 1.273 km, yang tersebar di wilayah Indonesia, dengan demikian program pemasangan PJU-TS yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2022 dengan total PJU-TS sejumlah 111.233 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 5.562 KM. (RWS)


Contact Center