Semarak Launching HSEEC 2014 di Jakarta dan Palembang

Selasa, 30 September 2014 | 09:39 WIB | Ferial

EBTKE--Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE) melalui Direktorat Konservasi Energi kembali menyelenggarakan kegiatan Home and School Energy Efficiency Competition (HSEEC) 2014. Pada penyelenggaraanya yang ketiga tahun ini, HSEEC melibatkan sekolah-sekolah di wilayah Jabodetabek dan Palembang sebagai peserta.

Sebagai tanda dimulainya kegiatan HSEEC 2014 ini, DJEBTKE menyelenggarakan launching di Jakarta pada Senin (15/9/2014) dan Palembang pada Kamis (18/9/2014). Meskipun berada di dua tempat berbeda, baik peserta di Jabodetabek maupun Palembang sama-sama antusias menyambut launching HSEEC 2014. Suasana ruangan tempat pelaksanaan launching menjadi meriah saat para siswa sekolah peserta HSEEC menampilkan yel-yel dengan penuh semangat.

Launching HSEEC 2014 dibuka oleh Direktur Konservasi Energi, Maritje Hutapea di Balai Kartini Jakarta. Dia mengatakan bahwa HSEEC bertujuan untuk menanamkan perilaku efisiensi energi di kalangan siswa menengah pertama dan menengah atas (SMP dan SMU) melalui kompetisi yang dirancang khusus sesuai dengan usia mereka. “Semua informasi, peralatan, insentif dan tantangan akan diberikan pada sekolah sehingga siswa bisa melakukan hal yang sama dan berlatih untuk menghemat energi di sekolah dan rumah mereka,” tambah Maritje.

Beliau menambahkan penanaman perilaku efisiensi energi kepada para siswa SMP dan SMU merupakan hal yang sangat penting mengingat saat ini pola konsumsi energi di Indonesia masih tergolong boros. Sehingga para siswa SMP dan SMU diharapkan bisa menjadi agen perubahan perilaku dari boros energi menjadi hemat energi.

Senada dengan yang disampaikan pada launching HSEEC di Jakarta, saat launching HSEEC di Palembang, Direktur Konservasi Energi juga menyampaikan bahwa jumlah energi fosil yang selama ini paling banyak digunakan sudah semakin menipis sehingga langkah penghematan energi adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Kegiatan HSEEC ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya hemat energi baik di sekolah maupun di rumah.

“Kami berharap agar Bapak dan Ibu guru dapat terus memantau dan mengarahkan anak didik kita untuk peduli dan menerapkan upaya-upaya penghematan energi, sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang berbudaya hemat energi,” kata Direktur Konservasi Energi pada launching HSEEC di Hotel Ultima Horison, Palembang.

Kegiatan HSEEC 2014 diikuti oleh 16 peserta dari sekolah di Jakarta yang terdiri dari 9 mother school yang akan membimbing 7 sister school dan 9 peserta dari sekolah di Palembang. Kompetisi akan diselenggarakan serentak selama tiga bulan dengan berbagai tantangan dan lomba. Pada akhir rangkaian kompetisi ini akan diumukan beberapa kategori pemenang, yaitu Sister School terbaik, Group terbaik, Home Sister School terbaik, Home Mother School terbaik, dan Mother School terbaik, serta pahlawan hemat energi terbaik, dan manajer energi terbaik.

 

 

 

 

 


Contact Center