Pengumuman Pendaftaran Pelatihan Kebijakan Efisiensi Energi di Negara Berkembang Kawasan Asia Tenggara Tahun 2023

Senin, 24 Juli 2023 | 10:00 WIB | Humas EBTKE

The International Energy Agency (IEA) atau Badan Energi Internasional akan melaksanakan kegiatan Pelatihan Kebijakan Efisiensi Energi di Negara-Negara Berkembang (Energy Efficiency in Emerging Economies (E4) Policy Training Week) untuk kawasan Asia Tenggara. Pelatihan akan diselenggarakan secara tatap muka pada bulan Oktober 2023 di Jakarta.

Kegiatan Pelatihan Kebijakan Efisiensi Energi ini bertujuan untuk membangun kapasitas bagi para pembuat kebijakan yang berasal dari negara-negara berkembang, sebagai ajang untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan serta melaksanakan inisiatif efisiensi energi yang efektif di masing-masing negara. Sejak tahun 2015, IEA secara rutin telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang berfokus pada sharing pengalaman dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kebijakan efisiensi energi di negara-negara berkembang di kawasan ini. Kegiatan pelatihan ini telah menyatukan lebih dari 2.000 profesional di bidang efisiensi energi dari sekitar 120 negara, terutama dari institusi pemerintah dan organisasi pendukung di negara-negara berkembang.

Bentuk Pelatihan

Energy Efficiency in Emerging Economies (E4) Policy Training Week terdiri dari 5 topik pelatihan paralel tentang efisiensi energi dalam 1) bangunan, 2) peralatan dan perangkat, 3) industri, 4) transportasi, dan 5) indikator dan evaluasi.

Setiap topik pelatihan akan terdiri dari kombinasi pengajaran, diskusi interaktif, dan latihan praktis yang memungkinkan peserta belajar dari praktik terbaik internasional dan dari peserta lainnya. Program ini juga mencakup sesi bersama tentang menilai potensi efisiensi energi, pembiayaan, melacak kemajuan, dan kampanye komunikasi.

Para pelatih untuk setiap topik pelatihan adalah para ahli internasional yang dipilih dengan cermat, yang membawa pengalaman bertahun-tahun dari sektor swasta dan publik serta pengalaman di berbagai negara dan wilayah.

Target Peserta

Pelatihan ini ditujukan bagi pembuat kebijakan efisiensi energi, terutama dari Kementerian energi dan lembaga pendukung di seluruh Asia Tenggara. Namun, IEA juga menerima aplikasi dari individu yang bekerja di sektor industri terkait atau lembaga berbasis pengetahuan. Partisipasi perempuan sangat diharapkan untuk mengikuti pelatihan ini.

Informasi lebih lanjut dapat mengakses brosur pelatihan berikut: Pelatihan Kebijakan Efisiensi Energi IEA 2023

Pendaftaran pelatihan dapat melalui tautan berikut: iea-events.org/energy-efficiency-training-week-jakarta/registration/registration

 


Contact Center