Buku Cipta Karya dan Inovasi Teknologi Ketenagalistrikan EBTKE

Jumat, 26 Januari 2024 | 10:00 WIB | Humas EBTKE

Buku “Cipta Karya & Inovasi Teknologi KEBTKE” ini disusun dengan keinginan untuk merangkum potret kegiatan yang telah kami lakukan selama kurun waktu tertentu, baik ketika masih sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) maupun saat ini sebagai Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE). Tujuannya tidak lain adalah untuk membagikan informasi kepada masyarakat luas, apa saja yang telah dilakukan selama ini, dan kontribusinya terhadap pengembangan ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi di Indonesia. Sebuah data atau informasi sekecil apapun, jika digunakan dengan tepat akan memberikan manfaat yang berarti.

Banyak riset terkait kelistrikan, energi baru terbarukan dan konservasi energi yang telah dikembangkan selama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan, misalnya saja pengembangan biofuel dari mikroalga, bioetanol dari sorgum, biodiesel dari kemiri sunan, waste to energy, smart grid, serta aplikasi di lapangan pembangkit EBT, dan yang tidak kalah penting yang selama ini telah dilakukan dan terus dikembangkan/diupdate hingga saat ini adalah survei dan pemetaan potensi EBT di Indonesia. Saat ini juga BBSP KEBTKE terdepan dalam mengembangkan konversi motor berbahan bakar minyak ke motor listrik. Selain itu juga BBSP KEBTKE juga melakukan pengujian efisiensi energi, ketenagalistrikan dan biomasa.

Buku “Cipta Karya & Inovasi Teknologi KEBTKE” menyampaikan berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan dan juga setelah bertransformasi menjadi BBSP KEBTKE, termasuk kegiatan yang dilakukan dalam kemasan Badan Layanan Umum. Semoga buku “Cipta Karya & Inovasi Teknologi KEBTKE” dapat menjadi inspirasi atau setidaknya sebagai referensi dalam mengembangkan ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi. Apalagi saat ini gaung energi baru terbarukan sudah tak terhindarkan lagi sebagai energi yang berkelanjutan, untuk energi masa kini dan masa depan.

Penerbit

Buku Cipta Karya dan Inovasi Teknologi Ketenagalistrikan EBTKE dapat dibaca dan diunduh pada tautan berikut: Buku Cipta Karya dan Inovasi Teknologi KEBTKE


Contact Center