Sosialisasi Konservasi Sejak Dini Kepada Siswa Sekolah Dasar

Kamis, 2 Oktober 2014 | 13:31 WIB | Ferial

EBTKE--Menanamkan perilaku hemat energi perlu dilakukan sejak dini kepada anak-anak. Sebab, masa anak-anak merupakan masa yang paling tepat untuk menerima informasi dan nilai-nilai yang disampaikan.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi melalui Direktorat Konservasi Energi menyelenggarakan program Sosialisasi Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah Dasar.

Program ini telah diselenggarakan di dua wilayah yaitu di SD Banjar Sari, Bandung pada Sabtu (13/9/2014) dengan jumlah peserta 30 sekolah sekota Bandung dan di SD Soetomo 5, Surabaya pada Sabtu (25/9/2014) dengan jumlah peserta 34 sekolah sekota Surabaya, serta akan diselenggarakan di sekolah dasar di wilayah Makassar.

Rangkaian acara sosialisasi konservasi energi di lingkungan sekolah dasar didesain sesuai dengan karakteristik anak-anak yang dinamis, ceria, dan penuh rasa ingin tahu. Beberapa lomba yang diselenggarakan antara lain, lomba rangking satu, lomba menggambar, dan lomba pidato dengan tema hemat energi. Selain itu, untuk menarik perhatian para siswa dalam penyampaian pesan hemat energi, kegiatan sosialisasi juga diisi dengan dongeng, sulap, dan booth-booth yang berkaitan dengan tema hemat energi.

Direktur Konservasi Energi Maritje Hutapea menjelaskan kepada siswa-siswa sekolah dasar tentang pentingnya melakukan penghematan energi. “Energi yang kita nikmati sekarang berasal dari energi fosil seperti minyak bumi yang semakin lama jumlahnya semakin terbatas. Supaya kita tetap bisa menikmati energi maka kita harus mulai melakukan penghematan energi,” kata dia dalam sambutannya pada Sosialisasi Konservasi Energi di SD Banjar Sari Bandung.

Dalam sambutannya di SD Soetomo 5 Surabaya,Maritje juga menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat melahirkan generasi yang berbudaya hemat energi. “Kami berharap siswa-siswa sekolah dasar ini dapat menjadi motor penggerak penghematan energi di masa yang akan datang,” jelas Maritje.

Sosialisasi ini disambut dengan baik dan antusias oleh para siswa sekolah dasar di Bandung dan Surabaya. Salah satu siswa SD Banjar Sari, Rian menyampaikan rasa tertariknya mengikuti kegiatan sosialisasi ini. “Senang bisa main dan dapat informasi baru soal energi,” kata Rian siswa kelas 3 di SD Banjar Sari.

 


Contact Center