Indonesia Power Kembangkan Kalkulator Karbon

Jumat, 3 Oktober 2014 | 08:21 WIB | Ferial

EBTKE--PT Indonesia Power (IP), anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero), mengembangkan program Kalkultor Karbon untuk menghitung emisi karbon dari aktivitas keseharian kita.

Kalkulator Karbon ini merupakan perangkat lunak yang dibuat berdasarkan adaptasi kondisi Indonesia terhadap model Carbon Footprint. Program ini dikembangkan bersama antara PT Indonesia Power, Kementerian Lingkungan Hidup, Greeners Magazine, dan Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi.

Duta Kadayan, operator Kalkultor Karbon menjelaskan, cukup dengan memasukan data berupa jumlah konsumsi bahan bakar kendaraan kita, bisa bensin atau solar per hari, kemudian jumlah penggunaan LPG atau minyak tanah per hari, serta jumlah daya listrik PLN yang terpasang di rumah ditambah dengan jumlah tagihan listrik per bulan, maka kalkulator karbon secara otomatis akan menghitung angka-angka tadi menjadi jumlah total emisi karbon yang dihasilkan oleh kita selama satu tahun.

Kemudian Kalkulator Karbon akan mengeluarkan angka berupa jumlah pohon sebagai bentuk kompensasi terhadap emisi karbon yang kita keluarkan."Dari total emisi karbon yang dihasilkan, Kalkulator Karbon akan menunjukkan jumlah pohon yang harus ditanam sebagai bentuk kompensasi atas sejumlah emisi karbon yang sudah dihasilkan. Artinya supaya emisi karbon itu nol atau hilang kita harus menanam sejumlah pohon sesuai perhitungan Kalkultor Karbon. Pohon yang ditanam harus pohon yang sudah berdiameter 20 centimeter atau kira-kira berumur 5 tahun", jelas Duta.

Kalkulator Karbon diluncurkan pertama kali di Bandung tahun 2007 dalam program "Plant Trees Like Crazy" yang menghasilkan komitmen penanaman ribuan pohon di DAS Citarum dan secara resmi digunakan mulai bulan Desember 2007 sebagai pendukung Konfrensi Internasional untuk perubahan iklim ke-13 yang dilaksanakan di Bali. Sejak saat itu berbagai lembaga dan event memanfaatkan alat ini.

Program ini dibuat sebagai salah satu alat untuk mengajak masyarakat memahami bahwa setiap kita melakukan aktifitas bahkan untuk pribadi kita sekalipun akan menghasilkan emisi yang berdampak dan mempengaruhi satu - satunya bumi tercinta yang kita huni ini

Program ini mendapatkan rekor Muri tahun 2008 yang diserahkan kepada PT Indonesia Power sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang menghitung emisi karbon pegawai serta membayar kompensasi emisi tersebut melalui penanaman pohon.

Sumber : Siaran Pers PLN


Contact Center